Kamis, 17 Oktober 2013

Cara-cara konversi file .dwg (AutoCAD) ke image

Tulisan ini berawal berawal dari pertanyaan dari sobat mb komp yang baru masuk kuliah jurusan civil semester awal. berikut pertanyaannya ; "gan saya hanya memiliki notebook yang tentunya tidak suport dengan software autocad, pada minggu ini saya ada tugas untuk mendesai rumah, yang celakanya lagi contoh file nya berupa dwg. apa bisa file dwg di convert ke jpeg supaya saya bisa melihat penampakannya meskipun saya tidak memiliki autocad???
hohoooooo.. pada era yang sudah super cangih ini segala hal besar kemungkinannya utuk bisa di lakukan, ok lah tidak perlu panjang lebar lagi.
Bagi seorang engineer, terutama civil engineering dan mechanical engineering, Autocad bisa jadi merupakan makanan kesehariannya. Bahkan bagi seorang drafter, Autocad bisa dikatakan seorang kekasih yang selalu menemani kerjaan di kantor. Bagaimana tidak coba, setiap saat harus berada dihadapan si autocad ini untuk melakukan tugasnya. Otomatis ia juga harus mencintainya. Hehehe
Ketika kita hendak mengeprint file autocad, biasanya kita hanya tinggal melakukan beberapa pengaturan pada plotter. Karena memang file .dwg bisa langsung diprint asalkan ada program Autocad-nya. Tapi bagaimana jika kita harus mengupload suatu desain autocad, tapi dengan ekstensi image (.jpg, atau .png). Praktis kita harus mengkonversinya terlebih dahulu. Di Autocad sendiri ketika kita melakukan save as, maka tidak ada pilihan untuk langsung menyimpannya dalam bentuk file jpg atau png.
Okelah kalau begitu, kita ulas bersama-sama masalah diatas. Kita mulai dari cara yang standar, tidak pakai software apapun.

1. Pertama, ketika desain sudah selesai digambar, selanjutnya klik FILE >> PLOT
2. Selanjutnya pada Printer/Plotter name diisi “Publish To Web JPG.pc3,
Untuk pengaturan yang lainnya dicari saja sendiri konfigurasi yang paling sesuai keinginan kamu. Pada paper size pilih saja yg XGA (kecil). Pokoknya sampai sini terserah kamu !











Nah, untuk cara yang kedua, ini butuh koneksi internet, soalnya ini lewat Online Converter :
1.  pertama-tama kunjungi alamat http://www.convertfiles.com/convert/document/DWG-to-JPG.html
Maka akan kamu dapati tampilan web seperti ini :

2.  Upload file .dwg yang hendak kamu konversi. Klik pada BROWSE.
3.  Jangan lupa, pada Output Format pilih JPEG File (.jpg)
4. Setelah itu klik CONVERT
5. Setelah proses konversi selesai, maka akan perintah untuk mendownload hasil konversinya. Klik saja pada link yang telah ada disana. Kurang lebih seperti ini :
Please download your converted file: http://dw4.convertfiles.com/files/……bla…bla….bla…. (ini linknya)
Hasilnya adalah file jpg yang dikompressi.
Demikian, semoga bermanfaat sobat !!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar